-->

Oleh–Oleh dan Kuliner Khas Lombok

Dodol rumput laut.

Nah karena sudah sampai di Lombok, gak lengkap rasanya jika tak membawa oleh – oleh dari sana. Di Lombok ada berbagai kerajinan tangan yang unik lho. Mulai dari kerajinan tangan yang dibuat secara tradisional sampai yang cukup modern.

Kerajinan tangan dari Lombok meliputi tembikar dan batu gamping yang dibuat di Banyumulek, Penunjak dan Masbagik spesialisasi penghasil tembikar tanah liat. Selain itu, di Lombok juga terkenal dengan kualitas kain tenunan tradisional telah mendunia, serta ukiran – ukiran kuno, topeng kayu dan kotak,. Anda juga dapat menemukan patung-patung kayu, keranjang bambu dan guci – guci keramik yang tentunya unik dan bekualitas. Di Lombok juga sangat terkenal dengan mutiaranya yang indah. Harganya pun beragam, mulai dari ratusan ribu, hingga jutaan rupiah,sesuai dengan kualitasnya.

Untuk kuliner di Lombok, yan pertama ada Dodol Rumput laut. Jajanan yang berwarna – warni dan menyehatkan, karena terbuat dari rumput laut serta aneka buah yang segar. Cocok buaat oleh – oleh adik dirumah. Ada juga madu dari Sumbawa yang memang sudah terkenal sebagai penghasil madu terbesar se – Indonesia. Satu lagi, yaitu susu kuda liar yang berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tips Pendakian Ke Gunung Rinjani

1. Ketika trekking sebaiknya menggunakan sepatu boot agar mudah dalam menakklukkan rute menuju Gunung Rinjani.

2. Selain itu, pakaian hangat juga sangat diperlukan, karena udara disana tergolong berangin dan dingin tentunya.

3. Tidak disarankan juga datang pada musim hujan karena rutenya pasti licin dan dikawatirkan terjadi longsor.

4. Siapkan kebutuhan pribadi seperti bekal makanan dan minuman yang cukup. Tak perlu pusing, di dekat pintu masuk sudah berjajar para pedagang, sehingga andat tak perlu repot membawa dari rumah.

5. Ingat dan yang paling penting yaitu energi yang fit. Karena anda akan benar – benar merasakan sensasi mendaki untuk bisa sampai ke puncak Gunung Rinjani.

6. Gunakan jasa pemandu agar tidak tersesat dalam menapaki rute yang ada.

7. Berkunjunglah pada saat musim kemarau, karena di musim hujan rute yang dilewati cenderung licin dan seringkali longsor.

Itulah ulasan mengenai Taman Nasional Gunung Rinjani yang ada di Lombok – Nusa Tenggara Barat. Travelling, hikking, sekaligus shoping bisa anda dapatkan disini. Dimana lagi kalau bukan di Pulau Lombok. Pulau eksotis nan menawan. Sampai jumpa.

Sumber: twisata.com
Share on Google Plus

Karawang Sport Portal Berita Olahraga