-->

Sejarah Singkat Pulau Komodo

Sumber foto: gemilangroberto

Pesisir Pulau Komodo 

PASA tahun 1910 pasukan Belanda yang pada saat itu berada di Indonesia melaporkan kepada pinpinannya yang bernama Letnan Steyn van Hens Broek bahwa adanya hewan yang menyerupai naga di sebuah pulau. Letnan tersebut membektikan laporan anak buahnya, ia mendatangi langsung dan melihat hal tersebut benar adanya. Dengan berani, Letnan Steyn van Hens Broek membunuh salah satu hewan itu untuk di jadikan objek penelitian. Ia membawa ke Museum and Botanical Garden untuk deteliti lebih lanjut. Dan hasilnya, hewan tersebut masuk dalam jajaran hewan purba. Akhirnya dinamakanlah hewan “Komodo”. Karena pulau tersebut merupakan habitat asli komodo, maka juga dinamakan sebagai “ Pulau Komodo ”.

Pulau Komodo masuk dalam finalis “ New Seven Wonders of Nature ” . Dengan pesona kekayaan alamnya serta merupakan habitat asli hewan purba yang menyerupai kadal tersebut yang tak akan dapat di temui di belahan dunia manapun. Dengan keunikannya yang akhirnya dapat menghipnotis para wisatawan sehingga mendukung Taman Nasional Komodo sebagai wisata terbaik. Akhirnyaa Pulau Komodo pun berhasil terpilih dalam ajang bergengsi tingkat dunia tersebut. Serta dinyatakan oleh UNESCO sebagai “ New Seven Wonders of Nature ”  pada tahun 1986.

Rute Perjalanan Ke Pulau Komodo

Sumber foto: http://gemilangroberto.blogspot.co.id/2014/09/overland-to-flores-part-i-komodo.html


Untuk anda yang ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo sebaiknya menggunakan transportasi umum saja, karena jangkauan tidak memadai. Ada dua cara untuk bisa sampai kesana, yaitu dengan menggunakan trasportasi darat dan udara. Dan apabila Anda menggunakan trasportasi darat, dari Surabaya tentunya Anda pertama harus menuju kota Banyuwangi. Langsung menuju pelabuhan ketapang, Banyuwangi dan kapal feri pun siap menggangkut Anda menuju pelabuhan Gilimanuk. Untuk bisa menempu penyebrangaan ini dibutuhkan kurang lebih 1 jam perjalanan. Perjalanan harus dilanjutkan kembali ke terminal Ubung, Bali.

Sesampainya di terminal Ubung Bali Anda bisa langsung menuju pelabuhan Padangbai. Lalu Anda akan diantarkan menuju pelabuhan Lembar – Lombok dan masih menggunakan kapal feri. Dalam perjalanan ini akan memakan waktu 4 jam. Setelah sampai Lembar – Lombok, Anda perlu bersabar lagi karena harus melanjutkan lagi menuju terminal Mandalika tepatnya di Mataram, dengan waktu tempuh 2 jam. Next menuju  pelabuhan Kayangan, Lombok dengan waktu tempuh 2,5 jam. Dengan menyebrangi selat Alas. Penghubung antara pulau Lombok dan Nusa Tenggara Barat ( NTB ).

Pelabuhan Pototano merupakan titik awal yang harus Anda tuju. Karena disinilah gerbang awal di kota Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ( NTB ). Lalu dilanjutkan menuju terminal Dara, Bima. Sesampainya disana lanjut lagi ke pelabuhan Sape. Anda harus bersabar karena sedikit lagi anda akan sampai di Pulau Komodo. Dari pelabuhan Sape Anda hanya perlu menyewa perahu motor untuk bisa sampai ke Taman Nasional Komodo.

Kemudian apabila Anda menggunakan transportasi udara, nampaknya perjalanan cukup mudah dimulai dari bandara Juanda, Surabaya lalu transit  menuju ke Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di bandara Eltari yang ada di kota Kupang, Flores. Waktu tempuh hanya sekitar 2 jam saja. Sesampainya disana, Anda lanjutkan perjalanan ke pelabuhan di pulau Flores. Dan menyebrang untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Namun jika Anda start dari Bali. Anda cukup dari bandara Ngurahrai, Bali menuju Labuhan Bajo langsung yang merupakan bandara pulau komodo. Tinggal pilih saja, manakah rute beserta trasportasi yang anda inginkan untuk bisa sampai di Taman Nasional Komodo.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Pulau Komodo

Berkunjung ke Pulau Komodo merupakan suatu pengalaman yang menakjubkan jika dapat melihat hewan purba komodo di habitat aslinya dengan jelas. Hewan ini merupakan hewan lepas, jadi Anda bisa mengamatinya lebih dekat tentunya harus hati – hati.  Selain itu, Anda juga dapat menikmati eloknya pantai di pulau Komodo dan pulau Rinca. Keeksotisan yang sungguh menakjubkan akan membuat semua mata terkagum – kagum dengan keindahannya. Dengan lautan pasir putih serta deburan ombak dan hiasan batu karang manambah indahnya suasana pantai. Air biru yang jernih juga menambah sendunya nyanyian burung – burung nan merdu. Tak hanya menikmati keindahannya, Anda juga dapat menyelam dan menyaksikan panorama bawah laut yang diakui sebagai tempat menyelam terbaik di dunia.

Wisata laut yang indah dan menawan.

Ditempat ini Anda juga dapat menyewa kapal nelayan uantuk menuju pantai Merah. Di Pantai inilah Anda disuguhkaan keindahan pasir yang berwarna merah muda. Dan jangan salah, ini hanya ada 7 di dunia. Disini ragam ikan yang cantik sedang menunggu Anda, bersembunyi dibalik indahnya terumbu karang. Ketika Anda berada diperahu, jangan heran jika lumba – lumba yang lucu muncul menggoda Anda. Sempatkan waktu untuk bermain dengan mereka. Bukan hanya itu, anda juga akan disambut dengan penyu hijau serta paus yang berenang bebas disana.

Karena sudah sampai di provinsi Nusa Tenggara Timur, luangkan waktu Anda untuk  mengunjungi pulau Flores. Pulau ini juga tak kalah menariknya. Disana juga ada berbagi tempat wisata yang unik, sehingga sayang untuk dilewatkan. Mulai dari danau Kelimutu yang tersohor dengan keunikan perbedaan warna pada ketiga danau kawah ini. Selain itu, anda juga dapat mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno di kota Ende. Rumah tersebut berada diantara pemukiman penduduk setempat, namun dibedakaan dengan papan nama yaang terpampang jelas, menjelaskan riwayat tempat tersebut.

Anda juga tak dapat melupakaan keeksotisan arsitektur dari Gereja Tua di desa Sikka, Flores. Sebuah gereja Katolik yang bernuansa kolonial dipadukan dengan budaya Flores. Dindingnya terlukis dengan motif dan corak kain tenun khas Flores yang sudah mendunia membuat gereja ini semakin indah. Rugilah anda jika membuang waktu begitu saja di tempat ini tanpa menikmati keindahannya.

Oleh – oleh dan Kuliner Di Pulau Komodo

Loh Buaya dan Loh Liang merupakan pusat penjualan cenderamata khas pulau Komodo. Mulai dari warna – warni kaos yang bergambarkan komodo, patung komodo yang terbuat dari kayu hingga berbagai aksesories cantik yang tentunya masih lekat dengan nuansa pulau Komodo. Cocok untuk oleh – oleh,  jangan salah, kualitas kaos disini cukup bagus dan tentunya gak malu – maluin kalau anda harus memborongnya untuk keluarga dirumah.

Karena sudah sampai di provinsi Nusa Tenggara Timur, sediakan waktu juga untu mengunjungi pulau Flores. Selain banyak wisata yang patut untuk dikunjungi, Flores juga memiliki satu oleh – oleh khas yaitu kain tenun ikat yang sangat halus dengan motif dan corak yang sangat indah, bahkan karena kualitasnya kain ini pun sudah mendunia.  Selain itu, anda juga tak dapat melewatkan jajanan khas Flores. Yang pertama ada Kue Rambut. Kue ini dibuat dari tepung beras, kanji , tepung terigu dan gula merah. Jadi bukan terbuat dari rambut. Hanya karena tampilannya yang tipis seperti rambut sehingga dijuluki sebagai Kue Rambut. Ada juga Jagung Titi yang menyerupai jagung emping. Dinamakan jagung titi, karena proses pembuatannya dengan cara di titi atau di pukul hingga gepeng.

Tips Mengunjungi Pulau Komodo


1. Sewalah seorang “Jagawana” atau pawang yang ahli untuk menemani perjalanan anda di Taman Nasional Komodo. Selain aman, Anda juga akan mendapatkan informasi yang lebih jelas.

2. Pakailah sepatu booth agar terlindung dari ular, karena disana banyak jenis ular yang biasanya hidup dibawah tanah pada padang rumput savanna. Meliputi jenis ular vipper, russel, cobra, dan masih banyak yang lainnya.

3. Jangan sekali – kali memberi makanan dan mengusik ketenangan hewan purba komodo. meski terlihat tenang dan geerakanya lambat, namun hewan ini juga bisa bertindak agresif.

4. Siapkan tongkat bercabang pada saat menjajaki destinasi ini, karena komodo takuk ketika digertak menggunakan tongkat tersebut.

5. Mengingat kondisi hutan dan padang savanna di pulau komodo, bawalah lotion anti nyamuk untuk menghindari kawanan nyamuk nakal yang mengganggu.

6. Jika Anda perempuan dan sedang mengalami menstruasi. Maka laporlah pada “Jagawana” atau pawang, karena penciuman hewan purba komodo sangat tajam terhadap bau darah, mengakibatkan dia lebih agresif. Dengan melapor maka  keselamatan  anda lebih diperhatikan.

7. Anda dilarang menyulutkan rokok, mengingat medan area merupakan padang rumput savanna.

8. Siapkaan energi yang banyak dan kaki yang kuat untuk melangkah. Karena sejauh mana anda berjalan, akan menentukan pengalaman yang anda dapatkan.

9. Sediakan kebutuhan pribadi dengan lengkap.

Itulah ulasan mengenai objek wisata Taman Nasional Pulau Komodo yang masuk dalam 7 Keajaiban Dunia, semoga bermanfaat.

Sumber: twisata.com
Share on Google Plus

Karawang Sport Portal Berita Olahraga