-->

Taman Nasional Gunung Rinjani Objek Wisata Pendakian Tercantik Indonesia

Gunung Rinjani-Lombok di Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani |. Kali ini twisata akan mengulas tentang gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Dengan puncak tertinggi 3.726 M dpl. Di puncak itulah serasa menyentuh kumpulan awan dan memandang langit bebas dengan udara yang benar – benar segar tanpa asap – asap kendaraan serta pabrik yang tentunya sangat mengganggu.

Dimana lagi tentunya kalau bukan di Gunung Rinjani. Dari namanya yang anggun sudah terbayang betapa indahnya satu destinasi dari pulau Lombok yang tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Selain itu Gunung Rinjani juga memiliki sebuah danau yang berada disebelah barat kerucut Rinjani yang dikenal dengan Segara Anak. Danau tersebut terletak di ketinggian 2.000m dpl. Disana juga terdapat kaldera yang memanjang kearah timur. Air yang mengalir dari danau tersebut membentuk air terjun yang memiliki pemandangan yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang tajam dan curam. Sungguh memukau dan bisa menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Di Segara Anak anda akan menjumpai kumpulan ikan mas dan mujair. Disini, anda dapat memancing ikan sepuasnya. Sangat cocok untuk pemancing mania. Sedangkan pada sisi selatan danau Segara Anak juga terdapat danau yang disebut dengan Segara Endut. Tak sampai disitu, anda juga disuguhkan pemandangan Gunung Baru atau masyarakat setempat menyebutnya Gunung Barujari yang terletakdi timur kaldera.

Gunung Rinjani terbentang di Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 41.330 ha. Gunung Rinjani mendominasi sebagian besar pemandangan di Pulau Lombok bagian utara. Selain itu, di dalamnya terdapat zona transisi Garis Wallacea. Udah tau tentang Garis Wallacea ? Coba ingat kembali pelajaran IPA di SD tentang ekosistem flora dan fauna di Indonesia! Garis Wallacea terkenalsebagai gudangnya beraneka flora dan fauna yang tidak dapat di temukan di tempat lain.

Pemandangan-Gunung-RinjaniNah di Taman Nasional Gunung Rinjani inilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan flora dan fauna Australia. Sangat mengesankan jika anda dapat mengexplore langsung keindahannya disana, selain dapat menikmati keindahan di gunung rinjani, juga dapat melihat betapa kayanya flora dan fauna di Indonesia. Taman Nasional Gunung Rinjani sendiri didirikan tahun 1997 dan merupakan salah satu dari 40 taman nasional yang ada di Indonesia.

Tak hanya menikmati pemandangan gunung yang eksotis, tapi juga sekaligus mendapat bonus untuk menikmati indahnya danau serta megahnya air terjun disana. Satu lagi, yaitu flora dan faunanya yang akan membuat kita jatuh cinta dan bakal merindukan lagi gunung ini. Pokoknya cocok banget buat anda yang suka hicking and travelling serta menyatu dengan alam. Walaupun tidak bisa dipungkiri untuk menuju kesana harus mempersiapkan tenaga yang ekstra, tapi hal itu akan terbayarkan oleh pesona eksotis dari alam Gunung Rinjani.

Sumber: twisata.com
Share on Google Plus

Karawang Sport Portal Berita Olahraga